PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT PERSUASI
(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Yapis 2 Fakfak)
DOI:
https://doi.org/10.572349/dahlia.v1i1.1726Keywords:
keterampilan menulis, kalimat persuasi, media pembelajaran Mind MappingAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta yang menunjukan bahwa keterampilan menulis kalimat persuasi siswa kelas VIII SMP Yapis 2 Fakfak tahun pelajaran 2022/2023 masih rendah. Terbukti masih banyak siswa tidak mampu menulis kalimat persuasi walaupun sudah menggunakan media gambar. Hal itu terjadi karena guru belum memanfaatkan strategi pembelajaran yang inovatif. Pemilihan penggunaan strategi mind mapping dimaksudkan agar proses pembelajaran menulis kalimat persuasi menjadi menarik dan mempermudah siswa dalam memilih kosakata yang tepat dan sesuai konteks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) proses pembelajaran membaca menulis kalimat persuasi siswa kelas VIII SMP Yapis 2 Fakfak tahun pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan strategi mind mapping, dan (2) peningkatan kemampuan menulis kalimat persuasi siswa kelas VIII SMP Yapis 2 Fakfak tahun pelajaran 2022/2023 setelah menggunakan strategi mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang disajikan dalam bentuk pernyataan-pernyataan, tafsiran, gambaran keadaan dan tanggapan-tanggapan. Subjek penelitian adalah 25 orang siswa kelas VIII SMP Yapis 2 Fakfak tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh informasi bahwa kemampuan menulis kalimat persuasi siswa kelas VIII SMP Yapis 2 Fakfak tahun pelajaran 2022/2023 mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus I dan siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat persuasi siswa kelas VIII SMP Yapis 2 Fakfak tahun pelajaran 2022/2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Arman Rumatoras
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.