PENGUATAN NILAI NASIONALISME MELALUI PENDIDDIKAN PESANTREN AL-ZAYTUN DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN DAN DISIPLIN SANTRI
DOI:
https://doi.org/10.572349/civilia.v2i2.569Keywords:
Al-Zaytun, Disiplin, Nilai-Nilai Positif, Pendidikan, KemandirianAbstract
Pendidikan adalah salah satu faktor yang sangat menentukan dan berpengaruh terhadap perubahan sosial dan semangat nasionalisme dikalangan generasi muda. Melalui pendidikan diharapkan bisa menghasilkan para generasi penerus bangsa yang mempunyai karakter kuat terhadap kecintaanya kepada tanah air serta memiliki akidah yang kokoh kuat terhadap syariatnya. Sayangnya banyak pihak menilai bahwa karakter yang demikian ini justru mulai sulit ditemukan pada siswa-siswa sekolah. Banyak diantara mereka yang terlibat tawuran, narkoba dan sebagainya. alam penelitian ini, jenis penelitian yang dilakukan adalah melalui jenis penelitian kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dokumen resmi dan kajian kajian terdahulu lainnya. Sehingga yang menjadi tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah ingin mendeskripsikan realita empirik dibalik fenomena secara mendalam, rinci dan tuntas. Oleh karena itu penggunaan jenis kualitatif dalam penelitian ini adalah dengan mencocokan antara realita empirik dengan teori yang berlaku dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Pendidikan pada dasarnya adalah proses pembelajaran yang terus-menerus yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri, baik kepribadian maupun keterampilan. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik dengan tujuan persatuan dan kesatuan bangsa. Sedangkan karakter adalah kumpulan-kumpulan sifat seseorang yang menyatu dalam jiwa dan diaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, pendidikan karakter adalah proses pembelajaran yang terus menerus dengan tujuan mengembankan potensi diri agar menyatu dalam jiwa dan dibentuk dalam perilaku. Pendidikan karakter di Pesantren mempunyai pengaruh yang signifikan guna meningkatkan agar semakin majunya ilmu pengatahuan dan teknologi Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat kita simpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikasi antara kualitas kehidupan sekolah dan lingkungan asrama pada santri Al Zaytun. Hubungan yang positif mengedintifikasikan bahwa semakin positif kualitas kehidupan sekolah dan lingkungan sekitar yang dimiliki santri, maka semakin tinggi pula disiplin, begitupun sebaliknya semakin tinggi nilai negatif kualitas kehidupan sekolah dan lingkungan yang dimiliki santri maka semakin rendah nilai disiplin pada santri. Maka daripada itu dapat dikemukakan saran – saran bagi santri Al Zaytun, pihak pesantren dan peneliti selanjutnya. Bagi santri pun diharapkan dapat yaitu dapat mempertahankan penilaian yang positif atau nilai – nilai positif terhadap pesantren, terutama dalam aktivitas yang dilakukan di pesantren yang berhubungan dengan aspek – aspek yang dimiliki pesantren, Sehingga dapat memicu santri untuk dapat menampilkan tingkah laku yang sesuai dengan aturan yang berlaku di lingkungan pesantren.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhamad Amarullah, Dewi Cahya Utami, Siti Fatonah, Dede Indra Setiabudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


