PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) YANG BERKESAN DI SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TERKINI DAN TANTANGANNYA

Authors

  • Ni Ketut Marina ITP Markandeya Bali
  • I Nyoman Sudirman ITP Markandeya Bali

DOI:

https://doi.org/10.572349/civilia.v3i1.1656

Keywords:

Pendekatan terkini dalam pembelajaran PKN di SD dan tantangan dalam mengimplementasikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode-metode pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PKN. Penelitian ini membahas tentang pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) yang efektif di tingkat Sekolah Dasar dengan menerapkan pendekatan terkini agar pembelajaran PKN menjadi berkesan dan menarik bagi siswa. Pendidikan kewarganegaraan di tingkat dasar memiliki peran penting dalam membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan warga negara yang aktif dan bertanggung jawab. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang mungkin muncul selama implementasi pendekatan terkini dalam pembelajaran PKN, termasuk hambatan kurikulum, sumber daya terbatas, dan keterlibatan siswa. Dengan memahami tantangan tersebut, penelitian ini memberikan wawasan bagi para pendidik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PKN di Sekolah Dasar melalui penerapan pendekatan terkini yang relevan.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Ni Ketut Marina, & I Nyoman Sudirman. (2024). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) YANG BERKESAN DI SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TERKINI DAN TANTANGANNYA. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.572349/civilia.v3i1.1656