GAMBARAN MINAT MEMBACA PADA SISWA SD KELAS V DI SDN 221 BABAKAN SENTRAL KOTA BANDUNG
(Penelitian Studi Kasus Kelas V di SDN 221 Babakan Sentral Kota Bandung Tahun Pelajaran 2023/2024)
Keywords:
Minat membaca siswa, Sekolah dasarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 221 Babakan Sentral. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui gambaran minat membaca pada siswa, dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat minat membaca pada siswa. Metode penelitian ini adalah studi kasus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive sampling. Subjek atau populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas (V-C) yang berjumlah 6 orang. Objek dalam penelitian ini adalah minat membaca pada siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Setelah dianalisis diketahui persentase minat membaca siswa secara keseluruhan mencapai angka 60%, dan dapat diketahui faktor pendukung minat membaca siswa adalah psikologis anak dan lingkungan yang menyenangkan sedangkan faktor penghambatnya adalah guru kurang memberi motivasi dalam meningkatkan minat baca siswa, rasa malas yang dimiliki sebagian siswa, serta kurangnya pemahaman siswa akan pentingnya membaca. Untuk mengembangkan minat membaca siswa memerlukan adanya upaya seperti menumbuhkan rasa senang terhadap bacaan, sehingga kegiatan membaca menjadi hobi bagi siswa dan memberikan kesadaran siswa bahwa membaca itu penting. Dengan demikian dapat diketahui bahwa minat membaca siswa Sekolah Dasar Negeri 221 Babakan Sentral dalam kategori sedang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dhimas Arief Santoso, Deasy Christia Sera
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.