EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAKETI TAHUN AJARAN 2024/2025
Keywords:
self-efficacy, Bimbingan Kelompok, Teknik ModellingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik modelling untuk meningkatkan self-efficacy siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment design. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Saketi yang berjumlah 75 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 14 orang dalam satu kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala self-efficacy yang disusun oleh peneliti. Skala tersebut telah melalui uji validitas dengan menggunakan expert judgment dan dinyatakan dengan validitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji t diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Intervensi yang dapat disimpulkan yakni adanya perbedaan skor self-regulated learning kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan self-efficacy siswa di kelas VIII di SMPN 2 Saketi Tahun Ajaran 2024/2025..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Resti Rahayu, Muhamad Ikhsan , Fitri Arnita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.