PROGAM PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI INDONESIA SERTA TANTANGAN DI DALAMNYA

Authors

  • Inatsa Dzikraa Ramadhan Siregar Universitas Islam Negeri Salatiga, Indonesia
  • Sri Suparwi Universitas Islam Negeri Salatiga, Indonesia

Keywords:

Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Pendidikan adalah hak yang wajib diberikan kepada setiap anak. Di Indonesia, masih terdapat banyak kekhawatiran mengenai pendidikan, terutama mengenai tantangan yang dihadapi oleh anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam memperoleh pendidikan yang sesuai. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah Indonesia meluncurkan program pendidikan inklusif. Program iklusif adalah model penyelenggaraan program pendidikan bagi anak berkelainan atau berkebutuhan khusus yang di mana penyelengaraannya dipadukan bersama anak normal dan bertempat di sekolah umum dengan menggunakan kurikulum yang dilaksanakan oleh lembaga bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sekolah inklusi yang terdapat di Indonesia sudah menjadi wadah yang tepat untuk anak berkebutuhan khusus menjalani pendidikan selayaknya anak normal atau malah menimbulkan berbagai masalah baru bagi anak berkebutuhan khusus yang dapat menjadi penghabat dalam tumbuh kembangnya.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Siregar, I. D. R., & Suparwi, S. . (2024). PROGAM PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI INDONESIA SERTA TANTANGAN DI DALAMNYA. Afeksi: Jurnal Psikologi, 3(4), 192–197. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/afeksi/article/view/2445