DAMPAK PENERAPAN GAMIFICATION DALAM MENSTIMULASI SEMANGAT DAN PARTISIPASI PESERTA BIMBINGAN KONSELING ISLAM
Keywords:
Gamification, Motivasi, Partisipasi, Bimbingan Konseling Islam, PendidikanAbstract
Kajian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan gamification dalam menstimulasi semangat dan partisipasi peserta pendidikan dalam sesi bimbingan konseling Islam. Metode kajian menggunakan desain eksperimental dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerapkan gamification dan kelompok kontrol yang mengikuti sesi bimbingan konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur perubahan dalam motivasi dan partisipasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan gamification secara signifikan meningkatkan skor motivasi dan partisipasi peserta pendidikan di kelompok eksperimen, dengan peningkatan rata-rata skor motivasi sebesar 20,2 dan partisipasi sebesar 17,5. Sebaliknya, kelompok kontrol hanya menunjukkan peningkatan minimal dalam motivasi dan partisipasi. Analisis statistik menggunakan uji t menunjukkan nilai p-value yang signifikan (p < 0,05) untuk kelompok eksperimen, sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa gamification adalah metode yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi dalam bimbingan konseling Islam. Kajian ini memiliki implikasi penting untuk praktik bimbingan konseling, dengan menyarankan integrasi gamification sebagai strategi inovatif untuk meningkatkan efektivitas bimbingan. Keterbatasan kajian ini meliputi ukuran sampel yang kecil dan durasi kajian yang terbatas, sehingga kajian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dan faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas gamification lebih lanjut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Berlian Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.