Implementasi Pendidikan Pancasila di Panti Asuhan X melalui Program PKM-PM
Keywords:
Pendidikan; Pancasila; Usia diniAbstract
Pendidikan memiliki fungsi sebagai landasan pengembangan kognitif, budaya serta pendidikan moral untuk masyarakat Indonesia terutama pada masa anak-anak. Selain berfokus pada pengembangan intelektual, pendidikan memiliki peran penting dalam mendorong pengembangan karakter khususnya pada anak usia dini. Melalui hal tersebut, penerapan pendidikan Pancasila dapat menjadi fasilitas utama dalam menanamkan nilai-nilai moral. Namun, terlepas dari hal tersebut, keterbatasan akses terhadap pendidikan dan pengembangan karakter menjadi tantangan sistemik di Indonesia saat ini khususnya pada anak-anak yang berada di Panti Asuhan, seperti kendala keuangan, kurangnya ketersediaan tenaga pendidikan dan sumber daya yang tidak tercukupi. Menghadapi fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan program pendidikan yang interaktif untuk menanamkan nilai Pancasila dan pendidikan moral pada anak-anak di Panti Asuhan. Penelitian ini menggunakan metode PKM-PM (Pengabdian Masyarakat) di Panti Asuhan ‘X’, metode tersebut dipilih agar Peneliti dapat berkontribusi langsung kepada masyarakat untuk menerapkan ilmu pengetahuan kepada mereka yang membutuhkan. Adapun beberapa metode kegiatan mengajar yang diterapkan, yaitu: 1) presentasi materi perilaku Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, 2) melakukan permainan yang dapat mengasah daya imajinasi dan pola pikir, 3) meninjau kembali materi yang telah disampaikan di awal kegiatan. Hasil dari penerapan metode pembelajaran ini menunjukkan bahwa kegiatan interaktif yang dilakukan cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman anak mengenai pemahaman anak terhadap nilai-nilai Pancasila.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ellen Cheryl Hastono, Rayda Rachma Fatin, Aurora Nurul Khamila , Raden Ajeng Astari Adina Warasto, Farah Nabila Nasution , Raja Oloan Tumanggor
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.