Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi
Keywords:
Konformitas, Perilaku Konsumtif, MahasiswaAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena pengaruh globalisasi yang menyebabkan masuknya informasi-informasi terbaru yang membuat konformitas pada mahasiswi meningkat karena keinginan untuk tidak ketinggalan tren terbaru mengenai lingkungan sosial mereka yang mengakibatkan meningkatnya perilaku konsumtif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi di Universitas X, di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan subjek berjumlah 210 orang mahasiswi Psikologi Angkatan 2023 yang menempuh pendidikan di Universitas X. Instrumen penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu skala konformitas dan skala perilaku konsumtif. Analisis hasil penelitian ini menggunakan korelasi Product Momment dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.657 (r = 0.657) dan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05). Berdasarkan data tersebut, ditemukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara Konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswi Universitas X. Semakin tinggi konformitas, maka semakin tinggi perilaku konsumtif pada mahasiswi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arvy Yanasta Multazam, Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.