EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Authors

  • Oleh Akbar Syamsul Majid IAIN Sunan Kudus

Keywords:

Efektifitas Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah

Abstract

Rasa percaya diri siswa memiliki peran yang sangat penting untuk mendorong siswa mengembangkan potensi yang dimilikinya. Akan tetapi, masih banyak siswa merasa kurang percaya diri atau insecure sehingga menghambat perkembangan dirinya. Melihat permasalahan tersebut perlu dilakukan upaya untuk membantu siswa agar kepercayaan dirinya dapat tumbuh dan meningkat sehingga mereka dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk meraih masa depan sesuai dengan apa yang diinginkannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui respon positif kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling. Layanan konseling dilaksanakan oleh guru BK. Hal tersebut menjadi sebuah upaya untuk membentuk siswa yang berkualitas dengan rasa percaya diri yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Literature Review. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan hasil bahwa layanan konseling kelompok yang dilakukan oleh Guru BK terhadap siswa di sekolah mampu meningkatkan rasa percaya diri terutama terhadap siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menemukan bahwa terdapat perbedaan tingkat rasa percaya diri siswa sebelum dan sesudah melakukan konseling kelompok tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasa percaya diri siswa sedikit demi sedikit berkembang menjadi lebih baik apabila dibandingkan dengan tingkat kepercayaan diri siswa sebelum melakukan layanan konseling kelompok.

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Majid, O. A. S. (2024). EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Afeksi: Jurnal Psikologi, 3(4), 105–109 . Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/afeksi/article/view/2243