HUBUNGAN ANTARA TINGKAT HARDINESS DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA KELAS IX DI SMP BUDI UTOMO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Chusnul Muti’in Universitas Slamet Riyadi
  • Hera Heru Sri Suryanti Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.572349/afeksi.v3i4.2188

Keywords:

Hardiness, Academic Burnout, Siswa Kelas IX, Ujian Akhir Sekolah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat hardiness dengan tingkat academic burnout pada siswa kelas IX selama masa persiapan ujian akhir sekolah tahun pelajaran 2023/2024 di SMP Budi Utomo Surakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara tingkat hardiness dengan academic burnout pada siswa kelas IX selama masa persiapan ujian akhir sekolah di SMP Budi Utomo Surakarta. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas IX di SMP Budi Utomo Surakarta namun peneliti hanya mengambil 45% populasi untuk penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan skala hardiness dan skala academic burnout, skala disebarkan secara online melalui google form. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan nilai r = 0,837 dengan p value = 0,000 < 0,05, sehingga hipotesisi yang di ajukan dapat diterima. Artinya ada korelasi negatif antara hardiness  dengan academic burnout pada siswa kelas IX di SMP Budi Utomo Surakarta. Semakin rendah tingkat hardiness maka tingkat academic burnout pada siswa semakin tinggi dan sebaliknya semakin tinggi tingkat hardiness  maka semakin rendah tingkat academic burnout pada siswa.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Muti’in, C. ., & Suryanti, H. H. S. . (2024). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT HARDINESS DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA KELAS IX DI SMP BUDI UTOMO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Afeksi: Jurnal Psikologi, 3(4), 55–63. https://doi.org/10.572349/afeksi.v3i4.2188