HUBUNGAN ANTARA TINGKAT HARDINESS DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA KELAS IX DI SMP BUDI UTOMO SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.572349/afeksi.v3i4.2188Keywords:
Hardiness, Academic Burnout, Siswa Kelas IX, Ujian Akhir Sekolah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat hardiness dengan tingkat academic burnout pada siswa kelas IX selama masa persiapan ujian akhir sekolah tahun pelajaran 2023/2024 di SMP Budi Utomo Surakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara tingkat hardiness dengan academic burnout pada siswa kelas IX selama masa persiapan ujian akhir sekolah di SMP Budi Utomo Surakarta. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas IX di SMP Budi Utomo Surakarta namun peneliti hanya mengambil 45% populasi untuk penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan skala hardiness dan skala academic burnout, skala disebarkan secara online melalui google form. Teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan nilai r = 0,837 dengan p value = 0,000 < 0,05, sehingga hipotesisi yang di ajukan dapat diterima. Artinya ada korelasi negatif antara hardiness dengan academic burnout pada siswa kelas IX di SMP Budi Utomo Surakarta. Semakin rendah tingkat hardiness maka tingkat academic burnout pada siswa semakin tinggi dan sebaliknya semakin tinggi tingkat hardiness maka semakin rendah tingkat academic burnout pada siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chusnul Muti’in, Hera Heru Sri Suryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.