PROSES TERAPI WICARA SERTA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA PADA ANAK GANGGUAN PERKEMBANGAN

Authors

  • Zalsya Arum Sekar Tanjung Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ati Kusmawati Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Anak dengan Gangguan Perkembangan, Dukungan Sosia Keluarga dan Terapi Wicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan gambaran proses terapi wicara dan serta dukungan sosial keluarga dalam meningkatkan perkembangan bicara dan interaksi anak dengan gangguan perkembangan dukungan sosial dari keluarga memiliki dampak yang signifikan pada kemajuan anak dengan gangguan perkembangan. Keluarga berperan sebagai lingkungan utama anak, dan dukungan yang positif dapat menciptakan lingkungan yang mendukung. Dukungan ini meliputi dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan penghargaan dan dukungan informasional, dan mendorong penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan kualitatif dengan jenis deskriptif pada anak dengan gangguan perkembangan pada pelaksanaan terapi wicara di rehabilitasi medik rumah sakit Dr. Suyoto. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan terapis wicara, serta anggota keluarga yang menemani anak dalam terapi. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana proses dalam terapi wicara dan dukungan sosial keluarga saling berinteraksi untuk mengoptimalkan perkembangan komunikasi dan interaksi anak melalui aspek-aspek dari dukungan sosial keluarga.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Tanjung, Z. A. S., & Kusmawati , A. . (2024). PROSES TERAPI WICARA SERTA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA PADA ANAK GANGGUAN PERKEMBANGAN. Afeksi: Jurnal Psikologi, 3(4), 47–54. Retrieved from https://jurnal.anfa.co.id/index.php/afeksi/article/view/2187