PENDEKATAN PEDAGOGIK DALAM PENDIDIKAN JASMANI: TINJAUAN LITERATUR TENTANG KERANGKA KONSEPTUAL, TEORITIS, DAN IMPLIKASINYA PADA PROSES PEMBELAJARAN
Keywords:
pendekatan pedagogik, pendidikan jasmani, konstruktivisme, inklusivitas, pembelajaran berbasis teknologi, kajian literatur sistematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara sistematis literatur tentang pendekatan pedagogik dalam pendidikan jasmani dengan fokus pada kerangka konseptual, teoritis, serta dampaknya terhadap proses pembelajaran. Kajian ini didasarkan pada 17 artikel dan buku yang membahas berbagai teori pendidikan, seperti konstruktivisme, behaviorisme, kognitivisme, pedagogi nonlinier, teori motivasi diri, dan pendekatan berbasis pengalaman serta teknologi. Temuan menunjukkan bahwa penerapan berbagai metode pembelajaran, seperti blended learning, model kooperatif, dan pembelajaran berbasis masalah, dapat meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konseptual, keterampilan motorik, serta motivasi belajar. Kajian ini juga menyoroti pentingnya pendekatan inklusif dalam pendidikan jasmani, terutama untuk mendukung siswa berkebutuhan khusus, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, khususnya selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pedagogik yang adaptif, inovatif, dan holistik memiliki peran signifikan dalam mengembangkan keterampilan fisik, sosial, dan karakter siswa. Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam merancang pendidikan jasmani yang lebih relevan dan bermakna.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Alam Rahmatullah, Carsiwan Carsiwan , Agus Taufiq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.