PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK MATERI LOKOMOTOR DAN NON LOKOMOTOR ANAK TUNA RUNGU SLBN PEMBINA TINGKAT NASIONAL C MALANG BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL

Authors

  • Leni Pebriyanti Universitas Negeri Malang
  • Eko Hariyanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.572349/gymnasia.v4i1.2247

Keywords:

bahan ajar, lokomotorik, non lokomotorik, tuna rungu, audio visual

Abstract

Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan sangat berperan penting bagi siswa-siswi yang berkebutuhan khusus. Melalui pendidikan Jasmani di Sekolah, siswa dapat melakukan gerak fisik yang dapat menciptakan kondisi untuk meningkatkan keterampilan gerak dan monotorik siswa berkebutuhan khusus. Pada pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan terdapat materi yang mencakup Aktivitas Gerak Dasar. Gerak dasar terbagi menjadi tiga jenis yaitu: gerak manipulatif, gerak lokomotor, dan gerak non-lokomotor. Media pembelajaran yang dihasilkan berupa Bahan Ajar untuk materi lokomotorik dan non lokomotorik menggunakan materi Pencak Silat dengan media berupa audio visual. Hasil penelitian menunjukan penggunaan media audio visual seperti video, gambar, dan suara dapat membantu anak tuna rungu dalam memahami materi yang disampaikan. Media audio visual dapat membantu mereka dalam mengidentifikasi gerakan, posisi, dan teknik pencak silat yang kompleks. Sehingga sangat efektif dalam membantu anak tuna rungu memahami materi. Pengembangan bahan ajar untuk siswa tunarungu merupakan suatu proses penting dalam mendukung pendidikan inklusif dan memastikan aksesibilitas terhadap pembelajaran yang efektif.

Downloads

Published

2024-09-04