PEMBELAJARAN ANGKA DAN HURUF PADA ANAK TK: SEBAGAI UPAYA MEMPERCEPAT PEMAHAMAN BELAJAR UNTUK PERSIAPAN MASUK SD
DOI:
https://doi.org/10.572349/anfatama.v3i2.2478Keywords:
Pendampingan, pembelajaran, upaya, pemahaman belajarAbstract
Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk berbagi ilmu dan mengali potensi kepada guru-guru di daerah terutama di wilayah TK perumahan desa saptorenggo, Kec. Pakis, Kab. Malang selama masih ada kesempatan anak-anak semangat untuk mencari tambahan ilmu, dan menambah pengetahuan huruf agar bias cepat membaca dan angka agar cepat bias perkalian, pengurangan, dan penjumlahan. Metode ini mengikuti gambar masing-masing komponen pelaksanaan, meliputi observasi, identifikasi permasalahan terkait penilaian autentik dengan mitra, sekaligus rencana yang ditawarkan kepada tim pelaksana pengabdian kepada mitra. Analisis pemecahan masalah yang dihadapi guru yakni: analisis kebutuhan terkait adanya pembaharuan sistem penilaian berbasis autentik. Penilaian autentik perlu dilakukan pengenalan terhadap segala komponen, prosedur, dan pengembangan dalam pembelajaran, sedangkan yang dilakukan analisis permasalahan berupa kemampuan guru terkait evaluasi yang pernah dilakukan melalui kegiatan peserta mampu membuat artikel untuk jurnal akademik yang bisa, mereka gunakan untuk keperluan jenjang kepangkatan atau sertifikasi. Dalam proses pelaksanaan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain himbauan kepala sekolah yang tidak mengharuskan untuk menulis jurnal. Kegiatan ini dilakukan seorang pendamping kepada bapak-ibu guru dan anak TK Mitra Cendekia selama belajar kompetensi huruf dan angka, yakni gerakan membaca dan latihan menulis bagi anak TK agar beroleh ilmu yang lebih bermanfaat.