PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 49 JAKARTA

Authors

  • Yasmin Fathiya Az Zahra Universitas Negeri Jakarta
  • Marsofiyati Marsofiyati Universitas Negeri Jakarta
  • Rizki Firdausi Rachmadania Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.919

Keywords:

Kebiasaan Belajar, Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar yang di dapat siswa mampu memberi nilai tambah dan motivasi ketika siswa telah menyelesaikan tahapan belajar,.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kebiasaan Belajar, Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 49 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 49 Jakarta berjumlah 191 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified sampling dengan rumus Slovin dengan akurasi tingkat kesulitan 5% sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 132 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SEM PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Squares) yang dihitung menggunakan software SmartPLS 4.0. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis model pengukuran, analisis model struktural, dan pengujian hipotesis pengaruh langsung. Mendapatkan hasil bahwa variabel X1 terhadap Y memiliki nilai original sampel sebesar 0.213, t-statistics sebesar 2.686 > 1.96, nilai p-value sebesar 0.004 < 0.05, untuk X2 terhadap Y memiliki nilai original sampel sebesar 0.245, t-statistics sebesar 2.617 > 1.96, nilai p-value memiliki nilai sebesar 0.004 < 0.05, kemudian untuk X3 terhadap Y memiliki nilai original sampel sebesar 0.348, t-statistics sebesar 3.351 > 1.96, nilai p-value memiliki nilai sebesar 0.000 < 0.05. Hasil perhitungan F-Square variabel X1 terhadap Y sebesar 0.061. Untuk nilai F-Square dari variabel X2 terhadap Y sebesar 0.078. Sedangkan nilai F-Square dari variabel X3 terhadap Y sebesar 0.165. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara Kebiasaan Belajar, Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMKN 49 Jakarta.

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Az Zahra, Y. F., Marsofiyati, M., & Rachmadania , R. F. . (2023). PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 49 JAKARTA. Seroja : Jurnal Pendidikan, 2(4), 328–339. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.919