PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS SISWA SMKN 20 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.872Keywords:
Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa selama menjalankan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMP) pada siswa SMKN 20 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang menggunakan skala likert. Sampel dipilih berdasarkan teknik sampel purposive sebanyak 154 responden yang memiliki kriteria siswa SMKN 20 Jakarta kelas XII yang telah melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Teknik analisa dilakukan dengan menggunakan SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dengan nilai 0,277 dan t statistics (4,483 > 1,96), motivasi belajar berpengaruh positif dan siginifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai 0,564 dan t statistics (9,015 > 1,96). Sedangkan kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai 0,019 dan dengan t statistics (0,308 < 1,96). Selain itu, didapatkan hasil bahwa lingkungan keluarga berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan nilai 0,305 dan t statistics (4,864 > 1,96), serta kecerdasan emosional berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dengan nilai 0,172 dan t statistics (4,501 > 1,96).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fakhrunnisa Fakhrunnisa, Corry Yohana, Aditya Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.