Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMK Negeri 12 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.814Keywords:
Efikasi Diri, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan TinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMK Negeri 12 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sampel berjumlah 152 siswa kelas XII tahun ajaran 2023/2024 di SMK Negeri 12 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan ukuran sampel 5% menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dimensi magnitude/level memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dimensi efikasi diri lainnya. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berdasarkan original sample bertanda positif sebesar 0,282 dengan nilai t-statistic 2,847 > t-tabel 1,97 dan p-values 0,004 < α=0,05. 2) Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berdasarkan original sample bertanda positif sebesar 0,602 dengan nilai t-statistic 6,220 > t-table 1,97 dan p-values sebesar 0,000 < α=0,05. 3) Efikasi diri dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berdasarkan F-hitung sebesar 17,325 > F-tabel sebesar 3,06.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rara Anggita, Marsofiyati Marsofiyati, Umi Widyastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.