PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MANAJEMEN PERKANTORAN
DOI:
https://doi.org/10.572349/seroja.v2i3.710Keywords:
Minat Belajar, Penggunaan Gadget, Dukungan Sosial Teman SebayaAbstract
Minat belajar diartikan sebagai ketertarikan dan keinginan dari individu yang cenderung memberikan perhatian, serta terlibat dalam kegiatan belajar. Terdapat beberapa faktor yang dapat memperkuat atau mempengaruhi minat belajar salah satunya yaitu penggunaan gadget dan dukungan sosial teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara penggunaan gadget dan dukungan sosial teman sebaya terhadap minat belajar siswa kompetensi keahlian Manajemen Perkantoran SMKN 12 Jakarta baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan ukuran skala likert. Teknik analisis data melalui analisis regresi linear berganda dengan alat bantu program komputer IBM SPSS versi 25. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu “propotional random sampling” dengan acuan tabel penentu jumlah sampel oleh Isaac dan Michael yaitu penentuan sampel dengan tingkat kesalahan 5% maka dihasilkan sampel sejumlah 108 siswa. Hasil perhitungan analisis regresi linear berganda didapatkan Y = 20.351 + 0,100X1 + 0,102X2 + 0.689. Pengujian koefisien regresi simultan (uji F) didapatkan hasil F hitung 57.911 > F tabel 3.08 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian untuk hasil uji koefisien regresi parsial (uji T) pada variabel X1 didapatkan hasil T hitung 4.593 > T tabel 1.98282 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; variabel X2 didapatkan hasil T hitung 3.667 > T tabel 1.98282 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian simultan dan parsial tersebut, variabel penggunaan gadget (X1) dan dukungan sosial teman sebaya (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar (Y). Variabel independen penggunaan gadget (X1) dan dukungan sosial teman sebaya (X2) dapat menjelaskan variabel dependen minat belajar (Y) sebesar 52.5% sedangkan sisanya 47.5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aldina Bilqis, Roni Faslah, Maulana Amirul Adha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.