WORDWALL SEBAGAI ALAT UNTUK MENSTIMULASI KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KALANGAN SISWA SMP

WORDWALL SEBAGAI ALAT UNTUK MENSTIMULASI KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KALANGAN SISWA SMP

Authors

  • Aprillia Anggraini Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Akhmad Ali Mirza Universitas Islam Negeri Palangka Raya

Keywords:

Pembelajaran digital, Media berbasis permainan, Wordwall, Penguasaan kosakata, Keterlibatan siswa

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memperkenalkan penggunaan media digital interaktif untuk mendukung pembelajaran kosakata Bahasa Inggris bagi siswa MTsN 1 Palangka Raya. Kegiatan yang dilaksanakan melalui ekstrakurikuler English Community ini melibatkan sekitar 80 siswa dengan tingkat kemampuan yang beragam. Wordwall digunakan sebagai media utama dalam mengenalkan kosakata profesi, yang kemudian dilanjutkan dengan latihan menulis dan berbicara agar siswa dapat menggunakan kosakata tersebut dalam konteks sederhana. Kegiatan ditutup dengan Wordwall Relay Game yang mendorong kerja sama dan suasana kompetitif yang menyenangkan. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil menciptakan suasana belajar yang menarik dan meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, serta partisipasi siswa. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis permainan terbukti membuat proses belajar lebih hidup, bermakna, dan kolaboratif.

Downloads

Published

2025-11-27

How to Cite

Anggraini, A., & Mirza , A. A. (2025). WORDWALL SEBAGAI ALAT UNTUK MENSTIMULASI KETERLIBATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KALANGAN SISWA SMP. Seroja : Jurnal Pendidikan, 4(2), 1–6. Retrieved from http://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/2904
Loading...