PENERAPAN METODE SCRAMBLE GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT DI PONDOK PESANTREN MODERN MBS AL ISLAM PALERAN
DOI:
https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.967Keywords:
Metode belajar, Scramble, Hasil Belajar, MahfudzotAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mahfudzot di Pondok Pesantren Modern MBS Al Islam Paleran pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Dalam subjek penelitian ini adalah siswa kelas Fatimah yang berjumlah 9 siswa yang keseluruhan adalah perempuan. Pada penelitian ini menggunakan Class Action Research atau PTK. Yang terdiri dari 4 tahap diantaranya (1) Planning (2) Implementation (3) Observation, and (4) Reflection. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan evaluasi atau tes. Adanya peningkatan dari presentase ketuntasan siswa yang terjadi pada hasil penelitian terhadap pemahaman siswa pada materi mahfudzot. Hal ini terlihat dari semua tahapan siklus. Karena sebelum di adakannya penelitian pada tindakan siklus I dan juga siklus II, presentase ketuntasan klasikal yang terdapat pada hasil evaluasi belajar siswa adalah 33% (3 siswa) dan pada siklus I menjadi 55% (5 siswa), dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 77% (7 siswa). Penelitian ini memberikan bukti bahwa adanya kenaikan hasil belajar yang signifikan setelah diadakannya perbaikan dalam tindakan kelas dengan menggunakan metode scramble.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Umi Hanik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.