Penerapan Metode Belajar Mengenal Jari-jari dalam Bahasa Arab pada Anak Usia Dini

Authors

  • Fadhilah Isra Dewi IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Ardias Rinda Dwiyanti IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Muh. Aldi Ramadhan IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Ilham Firmansyah Nasir IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Zuhtifa Zuhtifa IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Nadhirah Kurnia Hidayat IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Ika Putra Viratama IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.643

Keywords:

metode belajar, jari-jari, bahasa arab, anak usia dini, pembelajaran interaktif

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan penerapan metode belajar mengenal jari-jari dalam bahasa arab pada anak usia dini. Metode ini didesain untuk membantu anak usia dini dalam mengenal jari-jari dan memperkenalkan kosa kata bahasa arab melalui pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah sekelompok anak usia dini yang terdiri dari 10 anak disebuah taman kanak-kanak di kota Jeddah, Arab Saudi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode belajar mengenal jari-jari dalam bahasa arab pada anak usia dini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar anak-anak. Anak-anak terlihat senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ini. Dalam proses pembelajaran, anak-anak diajak untuk menyanyi lagu sederhana tentang jari-jari, memainkan permainan puzzle jari-jari, dan berlatih menulis angka dalam bahasa arab. Metode belajar ini juga membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan pada anak-anak. Dalam kesimpulannya, metode belajar mengenal jari-jari dalam bahasa arab sangat efektif dalam membantu anak usia dini mengenal jari-jari dan meperkenalkan kosa kata bahasa arab. Metode ini juga membantu meningkatkan minat dan motivasi belajar anak-anak serta keterampilan halus koordinasi tangan. Oleh karena itu, metode ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran bahasa arab pada anak usia dini.

 

Author Biographies

Fadhilah Isra Dewi, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Ardias Rinda Dwiyanti, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Muh. Aldi Ramadhan, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Ilham Firmansyah Nasir, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Zuhtifa Zuhtifa, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Nadhirah Kurnia Hidayat, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Ika Putra Viratama , IAIN Fattahul Muluk Papua

Dosen Mata Kuliah Inovasi Pendidikan di program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Downloads

Published

2023-07-13

How to Cite

Dewi, F. I., Dwiyanti, A. R. ., Ramadhan, M. A. ., Nasir, I. F. ., Zuhtifa, Z., Hidayat, N. K. ., & Viratama , I. P. . (2023). Penerapan Metode Belajar Mengenal Jari-jari dalam Bahasa Arab pada Anak Usia Dini. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(2), 43–47. https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.643