BELAJAR YANG MENYENANGKAN DAN MEMPERAKTEKKAN AKIDAH AKHLAK DENGAN METODE YANG KREATIF

Authors

  • Hamzah Nurul Fikri IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Nadiah Aprillia IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Amin Mustofa IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Maharani Intan Sya’ada Mahifa IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Ismirotin Khasanah Intan Putri Suryanti IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Sukma Putri Yani IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Ika Putra Viratama IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.639

Keywords:

Inovasi, Pendidikan Aqidah Akhlak, Metode Pembelajaran dengan Bermain Englek

Abstract

Inovasi dengan kreativitas guru sebagai upaya untuk menghasilkan kualitas pembelajaran dan pendidikan yang lebih baik. Inovasi Pendidikan dengan pendekatan bermain engklek memberikan potensi yang besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, pencapaian tujuan belajar, dan melibatkan siswa.Dalam studi kasus dan diskusi yang sudah di bahas. Guru dituntut tidak hanya mampu menguasai materi pengajaran dan pembelajaran saja. Akan tetapi, guru juga harus dapat memahami sejumlah model, desain, dan strategi pembelajaran yang baik agar untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak dan belajar dengan cara bermain memberikan kesempatan kepada anak untuk menipulasi, mengulang-ngulang bereksplorasi, mempraktekkan, dan mendapatkan bermacam-macam konsep. Pembelajaran yang menyenangkan adalah suatu proses pembelajaran yang berlangsung dalam suasana yang menyenangkan dan mengesankan yang dapat menarik minat peserta didik untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat di capai maksimal. Namun, tantangan seperti ketidak sadaran dalam bermain englek ini bisa menimbulkan hal-hal yang tidak di inginkan perlu di perhatikan dalam implementasi inovasi ini. Persiapan dan dukungan yang memadai bagi pendidik, dan kolabarasi antara semua pihak terkait juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan implementasi inovasi Pendidikan dengan bermain engkelek. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini , implementasi inovasi Pendidikan dengan pendekatan bermain engkelek dapat memberikan manfaat.

 

Author Biographies

Hamzah Nurul Fikri, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Nadiah Aprillia, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Amin Mustofa, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Maharani Intan Sya’ada Mahifa, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Ismirotin Khasanah Intan Putri Suryanti, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Sukma Putri Yani, IAIN Fattahul Muluk Papua

Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Ika Putra Viratama, IAIN Fattahul Muluk Papua

Dosen mata kuliahinovasi Pendidikan di program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Fattahul Muluk Papua

 

Downloads

Published

2023-07-13

How to Cite

Fikri, H. N., Aprillia, N. ., Mustofa, A. ., Mahifa, M. I. S. ., Suryanti, I. K. I. P. ., Yani, S. P. ., & Viratama, I. P. . (2023). BELAJAR YANG MENYENANGKAN DAN MEMPERAKTEKKAN AKIDAH AKHLAK DENGAN METODE YANG KREATIF. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(2), 37–42. https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.639