PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN TAN MALAKA

Authors

  • Nani Hartati Simanjuntak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1201

Keywords:

Pendidikan Islam, Perspektif Pemikiran, Tan Malaka

Abstract

Pendidikan menurut Tan Malaka adalah sebuah pendidikan yang didasarkan pada realita yang terjadi pada rakyat Indonesia, dengan pendekatan realita karakter Indonesia untuk membebaskan manusia dari kesengsaraan, ketertindasan, dan ketidaktahuan, menjadikan hidup lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan sekitarnya, tidak lagi ada kasta dan pembeda kelas-kelas. Tujuan Tan Malaka sesuai dengan Tujuan pendidikan Islam yang dirumuskan dalam satu istilah yang disebut “Insan Kamil” (manusia Paripurna). Sumber Pendidikan menurut Tan Malaka adalah agama yang meliputi Al-Quran dan As Sunah, Manusia yang dimaksud Tan Malaka adalah hewan yang mampu berfikir ( ijtihad) untuk mendapatkan kedamaian(Mashalil al-Mursalah). Alam merupakan sumber pengetahuan dan memiliki hukum sendiri yang dipelajari dan difahami oleh manusia yang biasa disebut hukum adat atau ‘Urf.

Downloads

Published

2023-09-17

How to Cite

Nani Hartati Simanjuntak. (2023). PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN TAN MALAKA. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(2), 202–212. https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1201