IMPLEMENTASI METODE PAKISTANI PADA PELAJARAN TAHFIDZ QUR'AN DI SMP IT LUQMANUL HAKIM

Authors

  • Ummi Aliyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1183

Keywords:

Pakistani, Metode, Tahfidz

Abstract

Metode Pakistani ini adalah aplikasi dari metode yang diterapkan di Pakistan dalam menghafal Al-Qur’an. Metode Pakistani ini terdiri dari sabaq, sabqi dan manzil. Sabaq adalah penambahan hafalan baru yang wajib disetorkan peserta didik setiap harinya. Sabqi adalah hafalan sabaq yang telah dihafal kemudian disetor kembali dalam bentuk gabungan dari beberapa sabaq yang belum mencapai 1 juz. Sedangkan manzil adalah hafalan sabqi yang telah mencapai 1 juz kemudian di setorkan kepada pengampuh halaqah masing-masing.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi metode pakistani pada pelajaran tahfidz Qur’an di SMP IT Luqmanul Hakim. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode pakistani ini. Berdasarkan temuan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa metode pakistani ini dilakukan dengan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Ummi Aliyah. (2023). IMPLEMENTASI METODE PAKISTANI PADA PELAJARAN TAHFIDZ QUR’AN DI SMP IT LUQMANUL HAKIM. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(2), 210–220. https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1183