IMPLEMENTASI METODE ZIYADAH DALAM PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN DI MTsPN 4 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1181Keywords:
Ziyadah, Hafalan, MetodeAbstract
Metode ziyadah dapat membantu siswa menambah hafalan baru dan membantu siswa dalam mencapai target hafalan sehingga siswa tetap istiqomah dan semangat dalam menghafal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guru dalam menggunakan metode ziyadah dalam peningkatan hafalan al-Qur’an siswa di MTsPN 4 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ziyadah cukup efektif untuk diterapkan dalam menghafal al-Qur’an dan berhasil meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa dengan tercapainya target hafalan yang telah ditetapkan yakni 1 juz pada juz 30 dalam waktu 3 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa ada 75% siswa yang berhasil mencapai target hafalan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wanda Pratiwi Tambunan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.