IMPLEMENTASI METODE ZIYADAH DALAM PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN DI MTsPN 4 MEDAN

Authors

  • Wanda Pratiwi Tambunan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1181

Keywords:

Ziyadah, Hafalan, Metode

Abstract

Metode ziyadah dapat membantu siswa menambah hafalan baru dan membantu siswa dalam mencapai target hafalan sehingga siswa tetap istiqomah dan semangat dalam menghafal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guru dalam menggunakan metode ziyadah dalam peningkatan hafalan al-Qur’an siswa di MTsPN 4 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ziyadah cukup efektif untuk diterapkan dalam menghafal al-Qur’an dan berhasil meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa dengan tercapainya target hafalan yang telah ditetapkan yakni 1 juz pada juz 30 dalam waktu 3 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa ada 75% siswa yang berhasil mencapai target hafalan.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Wanda Pratiwi Tambunan. (2023). IMPLEMENTASI METODE ZIYADAH DALAM PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN DI MTsPN 4 MEDAN. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(2), 201–211. https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1181