IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI PADA SISWA SMP AL RAZI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1178Keywords:
Implementasi, Metode, Resitasi, Pendidikan, IslamAbstract
Tujuan penulisan artikel ini ialah untuk memaparkan bagaimana pengimplementasian metode resitasi pada siswa SMP Al Razi Medan. Dimana, metode ini didesain untuk melatih peserta didik menjadi lebih aktif, berani, bertanggung jawab dan mandiri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil daripada penelitian ini menunjukkan bahwa metode resitasi ini efektif dilakukan dalam pembelajaran, walaupun kenyataannya ada kendala-kendala yang dihadapi dalam proses perjalanannya seperti: sulitnya dalam pengontrolan, baik dalam pengontrolan tugas ataupun penilaiannya. Karena kemungkinan tugas yang diberikan bukan dikerjakan oleh peserta didik yang bertugas, namun malah dikerjakan oleh orang lain yang lebih ahli dari peserta didik tersebut, dan guru juga tidak tahu apakah semua anggota aktif atau malah sebaliknya, ataupun guru tidak mengetahui apakah dalam satu kelompok tersebut saling bekerjasama atau tidak. Kemudian pemberian tugas terlalu sering juga dapat memicu timbulnya rasa malas dan mengeluh dalam mengerjakan. Namun selain kendala, ada juga faktor pendukung dari penggunaan metode resitasi ini dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam diantaranya: peserta didik lebih mandiri dan kreatif dalam mengerjakan tugasnya, kemudian mereka juga bisa saling membutuhkan satu dengan yang lainnya, dan melatih jiwa kepercayaan diri mereka, membuat peserta didik lebih aktif dan juga dapat membina kebiasaan peserta didik dalam hal mencari dan mengelola.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Nurhasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.