PENERAPAN GANZE METHOD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT IQRA’ MEDAN

Authors

  • Nadiah Putri Halim Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1176

Keywords:

Penerapan, Ganze Method, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan ganze method pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT IQRA’ Medan, meliputi kegiatan perencanaan dan pelaksanaan ganze method, serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan koleksi data, kondensasi data, penyajian data serta verifikasi dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ganze method pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam harus dengan merencanakan segala sesuatu dalam proses pembelajaran. Perencanaan berbentuk rencana proses pembelajaran , materi PAI serta media pembelajaran. Pelaksanaan meliputi tahap pendahuluan, kegiatan inti, mengadakan tanya jawab, kemudian evaluasi harian dan motivasi sebagai penutup pembelajaran. Faktor pendukung dari pembelajaran PAI dengan ganze method kemampuan yang dimiliki guru dalam menguasai materi dan ganze method, keaktifan peserta didik selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Faktor penghambat yaitu kemampuan peserta didik yang berbeda dan kurangnya literasi bagi peserta didik.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Nadiah Putri Halim. (2023). PENERAPAN GANZE METHOD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT IQRA’ MEDAN. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(2), 178–186. https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1176