PENERAPAN GANZE METHOD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT IQRA’ MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1176Keywords:
Penerapan, Ganze Method, Pendidikan Agama IslamAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan ganze method pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT IQRA’ Medan, meliputi kegiatan perencanaan dan pelaksanaan ganze method, serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan koleksi data, kondensasi data, penyajian data serta verifikasi dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ganze method pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam harus dengan merencanakan segala sesuatu dalam proses pembelajaran. Perencanaan berbentuk rencana proses pembelajaran , materi PAI serta media pembelajaran. Pelaksanaan meliputi tahap pendahuluan, kegiatan inti, mengadakan tanya jawab, kemudian evaluasi harian dan motivasi sebagai penutup pembelajaran. Faktor pendukung dari pembelajaran PAI dengan ganze method kemampuan yang dimiliki guru dalam menguasai materi dan ganze method, keaktifan peserta didik selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Faktor penghambat yaitu kemampuan peserta didik yang berbeda dan kurangnya literasi bagi peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nadiah Putri Halim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.