IMPLEMENTASI METODE LANGSUNG MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP DINDA HAFIDZAH

Authors

  • Ibrahim Hasan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Nuranisa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1168

Keywords:

Implementasi, Metode Langsung, Faktor

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan/studi kasus. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yang dikembangkan oleh Miles & Huberman. Pembelajaran bahasa arab memiliki 3 tahapan, yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Implementasi metode langsung pada mata pelajaran bahasa arab dilakukan sesuai dengan langkah-langkah metode tersebut. Faktor pendukung pembelajaran adalah buku ajar, kamus dan pendidik, sedangkan faktor penghambat pembelajaran adalah mufrodat/kosa kata, minat peserta didik, kepercayaan diri, penggunaan gadget dan lingkungan.

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Ibrahim Hasan, & Nuranisa. (2023). IMPLEMENTASI METODE LANGSUNG MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP DINDA HAFIDZAH. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(2), 170–180. https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1168