MANAJEMEN PROGRAM DURUS IDHAFIYAH DI MAHAD ABU UBAIDAH BIN AL JARRAH
DOI:
https://doi.org/10.572349/relinesia.v2i2.1132Keywords:
Manajemen ProgramAbstract
Manajemen pendidikan diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang merencanakan, mengorganisasikan, memotivasi, mengendalikan dan mengembangkan segala upaya di dalam, mengatur dan mendaya gunakan sumber manusia, sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif, efisien, dan produktif. Sesuai dengan penjelasan diatas, maka peneliti ingin menjelaskan manajemen program durus idhafiyah di Mahad Abu Ubaidah bin Al Jarrah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menarik kesimpulan bahwasanya: 1) Perencanaan program durus idhafiyah dilakukan dengan membuat target yang ingin dicapai, menentukan cara mencapainya dan mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi; 2) Pengorganisasian pengajar dilakukan dengan menetapkan pembagian peran dan tugas; 3) Pelaksanaan kegiatan program durus idhafiyah, dilakukan dengan menjalankan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan perencanaan dan aturan yang telah dibuat; 4) Pengawasan kegiatan program durus idhafiyah, dilakukan dengan melibatkan pihak internal dan eksternal untuk melakukan control terhadap aktivitas kegiatan program durus idhafiyah. Melalui ustadz/ah di asrama, musyrif/ah di asrama, pengajar durus idhafiyah, yang mengontrol peserta didik dalam memahami pelajaran dan perilaku peserta didik, serta pengawasan yang dilakukan oleh mudir (pimpinan) mahad dalam kegiatan program durus idhafiyah; 5) Evaluasi kegiatan program durus idhafiyah dilakukan dengan melihat kepahaman peserta didik dalam memahami pelajaran, dan perilaku peserta didik berakhlak mulia atau tidak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Refika Suhaila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.