PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH
Keywords:
Problem Based Learnig (PBL), Analisis siswa, Akidah AkhlakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan analisis siswa kelas XI serta agar siswa dapat berfikir kritis pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes uraian analisis yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan awal dan hasil pembelajaran dengan model pembelajaran PBL pada pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan atau observasi dan tahap refleksi. Diawali dengan pra siklus, siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Data hasil Analisis ini digali dari hasil evaluasi akhir pembelajaran.Data hasil proses kinerja siswa diperoleh dari tahap pengamatan saat pembelajaran. Hasil penelitian : (1) pada tindakan awal yakni pra-siklus, hasil tes analisis siswa adalah 25% yang tuntas dengan nilai rata-rata 69; (2) siklus I, hasil tes analisis siswa meningkat sebesar 37% dengan nilai rata-rata 75; (3) pada siklus II, hasi tes analasis siswa 62% dengan nilai rata-rata 76; (4) pada siklus ke III ini terdapat dua pertemuan. Pada pertemuan pertama hasil tes analisis siswa menghasilkan 75% dengan nilai rata-rata 78, dan pada pertemuan ke dua menghasilkan 87% dengan nilai rata-rata 88. Kesimpulannya dilihat dari setiap siklus, nilai tes analisis siswa terus meningkat. Siswa mengalami peningkatan kemampuan menganalisis masalah dan memberikan solusi dari setiap permasalahn yang diberika guru. Dalam hal ini Penelitia membuktikan bahwa metode Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kharisma Lutfiatun Ni’mah, Rakhmat Nur Amanullah, Ainul Yaqin, Nur Hamidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.