DIGITALISASI LAYANAN PUBLIK DI SEKTOR PENDIDIKAN: TANTANGAN DAN PELUANG

Authors

  • Minggus T Diamanti Universitas Negeri Manado
  • Jetty E. H. Mokat Universitas Negeri Manado
  • Goinpeace H. Tumbel Universitas Negeri Manado

Keywords:

Digitalisasi, layanan publik, tata kelola, pendidikan, e-government

Abstract

Digitalisasi telah menjadi pilar transformasi dalam tata kelola layanan publik, khususnya di sektor pendidikan. Artikel ini mereview implementasi digitalisasi layanan publik dengan fokus pada pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Temuan utama mengidentifikasi kendala seperti kurangnya SOP yang jelas, minimnya fasilitas pendukung, dan rendahnya partisipasi pengguna. Artikel ini juga menyoroti pentingnya penguatan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, dan penyesuaian manajemen tata kelola untuk mengoptimalkan sistem digital. Dengan penanganan tantangan ini, digitalisasi memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kualitas layanan publik secara keseluruhan.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Diamanti, M. T., Mokat, J. E. H. . ., & Tumbel, G. H. . . (2024). DIGITALISASI LAYANAN PUBLIK DI SEKTOR PENDIDIKAN: TANTANGAN DAN PELUANG. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 507–512. Retrieved from http://jurnal.anfa.co.id/index.php/civilia/article/view/2675