Peran Pekerja Sosial Dalam Menangani Klien Perundungan di Sekolah

Authors

  • Sani Susanti Universitas Negeri Medan
  • Khodijah Tussolihin Dalimunthe Universitas Negeri Medan
  • Adinda Farah Diba Universitas Negeri Medan
  • Carlos Marselius Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Rasenda Rasenda Universitas Negeri Medan
  • Zahra Darmayana Universitas Negeri Medan
  • Zahra Hairani Lubis Universitas Negeri Medan

Keywords:

Lingkungan Sekolah Peran Pekerja Sosial Kasus Perundungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan peran pekerja sosial dalam menangani klien perundungan di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pekerja sosial dalam menangani klien perundungan sangat penting dan kompleks. Pekerja sosial berperan sebagai fasilitator utama yang tidak hanya memberikan dukungan psikososial kepada klien, tetapi juga membantu dalam membangun hubungan empati, melakukan evaluasi risiko, merencanakan intervensi yang sesuai, serta bekerja sama dengan berbagai pihak terkait. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peran pekerja sosial dalam menangani klien perundungan di sekolah memberikan dukungan yang komprehensif bagi klien perundungan untuk pulih dari dampak traumatis yang mereka alami. Pekerja sosial juga berperan sebagai advokat dan mediator yang membantu menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan bebas dari perundungan, serta mendukung klien dalam membangun kembali harga diri dan kesejahteraan mereka.

Published

27-05-2024

How to Cite

Susanti , S. ., Dalimunthe , K. T. ., Diba, A. F. ., Sihombing, C. M. ., Rasenda, R., Darmayana, Z. ., & Lubis, Z. H. . (2024). Peran Pekerja Sosial Dalam Menangani Klien Perundungan di Sekolah. Jurnal Socia Logica, 4(1). Retrieved from http://jurnal.anfa.co.id/index.php/JurnalSociaLogica/article/view/1854