Peran Pekerja Sosial Dalam Menangani Klien Perundungan di Sekolah
Keywords:
Lingkungan Sekolah Peran Pekerja Sosial Kasus PerundunganAbstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan peran pekerja sosial dalam menangani klien perundungan di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pekerja sosial dalam menangani klien perundungan sangat penting dan kompleks. Pekerja sosial berperan sebagai fasilitator utama yang tidak hanya memberikan dukungan psikososial kepada klien, tetapi juga membantu dalam membangun hubungan empati, melakukan evaluasi risiko, merencanakan intervensi yang sesuai, serta bekerja sama dengan berbagai pihak terkait. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peran pekerja sosial dalam menangani klien perundungan di sekolah memberikan dukungan yang komprehensif bagi klien perundungan untuk pulih dari dampak traumatis yang mereka alami. Pekerja sosial juga berperan sebagai advokat dan mediator yang membantu menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan bebas dari perundungan, serta mendukung klien dalam membangun kembali harga diri dan kesejahteraan mereka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sani Susanti , Khodijah Tussolihin Dalimunthe , Adinda Farah Diba, Carlos Marselius Sihombing, Rasenda Rasenda, Zahra Darmayana, Zahra Hairani Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.