PERILAKU MASYARAKAT DALAM SOSIOLOGI KOMUNIKASI MASA
DOI:
https://doi.org/10.572349/socialogica.v4i1.1638Keywords:
Perilaku, Masyarakat, Sosiologi KomunikasiAbstract
Kehidupan bermasyarakat merupakan objek pengamat sosiologi yang masuk dalam rumpun ilmu sosial, dimana kita mempelajari segala aspek kehidupan manusia yang bermasyarakat dan salah satu ruang ringkup yang diamati yaitu interaksi sosial yang terjadi didalam masyarakat. Inti dari interaksi sosial adalah komunikasi, karena muncul kekhususan dalam sosiologi yang dinamakan sosiologi komunikasi. Khalayak dalam komunikasi maasa bersifat luas, karena komunikator tidak secara langsung berinteraksi dengan khalayak pada periode tertentu selama komunikasi dilakukan. Selain bersifat luas, komunkasi massa juga bersifat heterogon atau disebut juga beragama posisi, usia, jenis kelamin, pendidikan dan lain sebagainya serta anonimitas tidak dikenal atau tidak diketahui oleh pemiliknya. Media massa adalah saluran yang menyebarkan informasi sangat cepat dan dapat diakses oleh masyarakat. Selain itu juga, media massa berperan penting untuk masyarakat karena dapat menyebarkan informasi serta komunikasi. Namun, semakin majunya teknologi media massa sering kali digunakan untuk hal-hal yang negatif, kasus-kasus yang bisa kita liat di TV serta koran pun sudah sangat banyak sekali dan sangat cepta menyebar dengan luas dan cepat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahma Aulia, Handasatil Aulia, Muhammad Iqbal Al karim, Meity Suryandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.