PERILAKU MASYARAKAT DALAM SOSIOLOGI KOMUNIKASI MASA

Authors

  • Rahma Aulia Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Handasatil Aulia Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Muhammad Iqbal Al karim Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Meity Suryandari Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.572349/socialogica.v4i1.1638

Keywords:

Perilaku, Masyarakat, Sosiologi Komunikasi

Abstract

Kehidupan bermasyarakat merupakan objek pengamat sosiologi yang masuk dalam rumpun ilmu sosial, dimana kita mempelajari segala aspek kehidupan manusia yang bermasyarakat dan salah satu ruang ringkup yang diamati yaitu interaksi sosial yang terjadi didalam masyarakat. Inti dari interaksi sosial adalah komunikasi, karena muncul kekhususan dalam sosiologi yang dinamakan sosiologi komunikasi. Khalayak dalam komunikasi maasa bersifat luas, karena komunikator tidak secara langsung berinteraksi dengan khalayak pada periode tertentu selama komunikasi dilakukan. Selain bersifat luas, komunkasi massa juga bersifat heterogon atau disebut juga beragama posisi, usia, jenis kelamin, pendidikan dan lain sebagainya serta anonimitas tidak dikenal atau tidak diketahui oleh pemiliknya. Media massa adalah saluran yang menyebarkan informasi sangat cepat dan dapat diakses oleh masyarakat. Selain itu juga, media massa berperan penting untuk masyarakat karena dapat menyebarkan informasi serta komunikasi. Namun, semakin majunya teknologi media massa sering kali digunakan untuk hal-hal yang negatif, kasus-kasus yang bisa kita liat di TV serta koran pun sudah sangat banyak sekali dan sangat cepta menyebar dengan luas dan cepat.

Downloads

Published

09-01-2024

How to Cite

Rahma Aulia, Handasatil Aulia, Muhammad Iqbal Al karim, & Meity Suryandari. (2024). PERILAKU MASYARAKAT DALAM SOSIOLOGI KOMUNIKASI MASA. Jurnal Socia Logica, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.572349/socialogica.v4i1.1638